A. Pengertian Akuntasi Manajemen
akuntasi
manajemen adalah Penyatuan bagian manajemen
yang mencakup, penyajian dan penafsiran informasi yang digunakan untuk
perumusan strategi, aktivitas perencanaan dan pengendalian, pembuatan
keputusan, optimalisasi penggunaan sumber daya, pengungkapan kepada pemilik dan
pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, pengamanan asset. sumber: Chartered
Institute of Management Accountant (1994:30).
Sedangkan sistem akuntansi managemen sendiri artinya
adalah suatu sistem informasi yang
menghasilkan suatu kesimpulan atau output atau informasi yang menggunakan data
yang ada serta proses-proses yang diperlukan dalam memenuhi hasil akhir
tertentu dari suatu manajemen. Proses-proses yang dimaksudkan di sini
adalah berbagai kegiatan seperti pengumpulan, pengukuran, penyimpanan,
analisis, pelaporan, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Hasil informasi atau
kesimpulan dapat berupa laporan khusus, harga pokok produk, biaya
pelanggan, anggaran, laporan kinerja, dan komunikasi personal.
B. Konsep Akuntansi Manajemen
Akuntansi
manajemen diperlukan oleh manajemen untuk melaksanakan dua fungsi pokok
manajemen: perencanaan dan pengendalian aktivitas perusahaan.
Informasi
akuntansi manajemen dihasilkan oleh sistem pengolahan informasi keuangan yang
disebut akuntansi manajemen.
Informasi
akuntansi manajemen disajikan kepada manajemen perusahaan dalam berbagai
laporan keuangan seperti anggaran, laporan penjualan, laporan biaya produksi,
laporan biaya menurut aktivitas, laporan biaya menurut pusat pertanggungjawaban
dan laporan biaya mutu (quality cost report), laporan biaya daur hidup produk (
product-life-cycle cost ), biaya penambah dan bukan penambah ) value-and
non-value-added cost ), laporan biaya pemasaran.
Informasi
akuntansi manajemen dibutuhkan oleh manajemen berbagai jenjang organisasi,
untuk menyusun aktivitas perusahaan dimasa yang akan datang.
Kegiatan
perencanaan meliputi pengambilan keputusan pemilihan alternatif tindakan dari
berbagai alternatif yang mungkin dilaksanakan di masa yang akan datang.
Pengambilan keputusan itu sendiri pada dasarnya meliputi kegiatan perumusan
masalah, penentuan berbagai alternative tindakan untuk memecahkan masalah
tersebut, analisis konsekuensi setiap alternatif tindakan yang mungkin akan
dilakukan dan pembandingan berbagai alternative tindakan tersebut sehingga
dapat dilakukan pemilihan alternative yang terbaik yang akan dilaksanakan
dimasa yang akan datang.
Informasi
akuntansi manajemen sangat bermanfaat bagi manajemen terutama pada tahap
analisis konsekuensi setiap alternatif yang mungkin dalam proses pengambilan
keputusan tersebut. Hal ini memungkinkan manajemen melakukan pengambilan
keputusan untuk memilih alternatif tindakan yang terbaik diantara alternatif
tindakan yang dipertimbangkan.
Jadi
Prinsip
Akuntansi Manajemen:
a. membantu
manajer menjalankan peran mereka dalam melakukan kegiatan perencanaan,
pengendalian dan pengambilan keputusan.
b. Informasi akuntansi manajemen untuk mengidentifikasi dan
menyelesaikan masalah, dan untuk mengevaluasi kinerja
C. Fungsi dari
hasil informasi yang sudah ada di dalam akuntansi
manajemen ada beberapa hal
yang bisa di rumuskan yaitu :
1.
Merumuskan strategi.
2.
Proses perencanaan dan pengendalian.
3.
Pengambilan keputusan.
4.
Optimalisasi keputusan.
5.
Pengungkapan pemegang saham dan pihak luar.
6.
Pengungkapan entitas organisasi bagi karyawan.
7.
Perlindungan atas asset organisasi.
D. tujuan dari sistem akuntansi
managemen adalah :
- Memberikan informasi yang dibutuhkan untuk penghitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen
- Memberikan informasi yang dibutuhkan untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan
- Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan.
Informasi akuntansi manajemen dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan
hubungannya . yaitu
a.
Informasi akuntansi penuh (Full Accounting
Information) yang berfungsi untuk penyajian informasi secara penuh contohnya
untuk informasi produk, departemen, aktivitas.
b.
Informasi akuntansi diferensial (Differential
Accounting Information) untuk menunjukkan perbandingan sehingga menghasilkan
suatu alternative atau pilihan lain.
c.
Informasi akuntansi pertanggungjawaban (Responbility
Accounting Information) sebagai misal informasi pertanggungjawaban dari
wewenang manajer.
Pengembangan proses akuntansi managemen dapat
menggunakan metode :
- Flatening struktur manajemen merupakan proses penyederhanaan struktur.
- Menggunakan cross fungsional team merupakan proses saling isi menurut keahlian dan kekuatan antara tim yang terlibat.
0 comments:
Post a Comment