Friday, November 28, 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)






                                       PERANGKAT PEMBELAJARAN
                           RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                           (RPP)


          Satuan Pendidikan                 : SMA NEGERI………..
          Kelas/Semester                        : XI/1
          Mata Pelajaran                       : IPS Terpadu
          Materi Pokok                          : Kerja Sama Ekonomi Internasional
          Waktu                                     : 2 X 40 Menit
                                     
                              




A.     KOMPETENSI INTI SMA KELAS XI:
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, toleransi), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam rana kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan rana absrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1    Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.

1.1.1  bersyukur kepada allah SWT atas
anugerah terhadap sikap saling menghargai terhadap perbedaan yang ada.
2.1 menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisiten dan teliti, bertanggung jawab, responsip, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.3 memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktifitas sehari-hari.


2.1.1 bertanggung jawab dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah yang diberikan dalam pembelajaran Kerja Sama Ekonomi Internasional.
2.2.2 berani mengungkapkan pendapat.
2.3.3 memiliki sikap terbuka akan menghargai  pendapat teman terhadap penyelesaian masalah Kerja Sama Ekonomi Internasional.

3.1 menerapkan konsep-konsep Kerja Sama Ekonomi Internasional dalam menyelesaikan masalah.
3.1.1 menjelaskan pokok-pokok tertentu dalam Kerja Sama Ekonomi Internasional.
4.1 mecoba, mengolah, menyaji dalam rana kongkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstarak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1.1 trampil dalam mengemukakan konsep/prinsip Kerja Sama Ekonomi Internasional untuk menyelesaikan masalah.





C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok pada materi pokok fungsi kuadrat siswa dapat:
1.1.1.1  bersyukur kepada allah SWT atas anugerah terhadap sikap saling menghargai terhadap perbedaan yang ada dalam melakukan pembelajaran Kerja Sama Ekonomi Internasional.
2.1.1.1  Konsisten dan teliti dalam melakukan pembelajaran Kerja Sama Ekonomi Internasional.
2.1.2.1  Bertanggung jawab dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan maslah yang diberikan dalam pembelajaran  Kerja Sama Ekonomi Internasional.
2.3.1.1  Berani mengemukakan pendapat dalam kelompok maupun kelas.
2.3.2.1  Memiliki sikap terbuka atau menghargai pendapat teman terhadap penyelesaian masalah Kerja Sama Ekonomi Internasional.
3.1.1.1  Menjelaskan cara penyelesaian Kerja Sama Ekonomi Internasional.
4.1.1.1  Terampil dalam mengemukakan konsep atau prinsip Kerja Sama Ekonomi Internasional untuk menyelesaikan masalah.

D.     MODEL ATAU METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan                                    : PMR
2.      Metode pembelajaran        : Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab

E.     MATERI YANG DI AJARKAN
KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL
A.     Globalisasi Ekonomi
Globalisasi ekonomi merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana Negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang terintegrasi tanpa rintangan batas teritorial Negara. Perwujudan nyata dari globalisasi ekonomi antara lain terjadi dalam bentuk-bentuk berikut:
a)      Globalisasi Produksi
b)      Globalisasi Pembiayaan
c)      Globalisasi Tenaga Kerja
d)      Globalisasi Jaringan Informasi
e)      Globalisasi Perdagangan
B.     Bentuk-Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional
a)      Kerja Sama Bilateral
b)      Kerja Sama Regional

C.     Dampak Kerja Sama Ekonomi Internasional
a)      Mempercepat Masuknya Arus Investasi.
b)      Memperkuat Stabilitas Ekonomi Domestik.
c)      Menimbulkan Trade Diversion (Penyebaran Perdagangan).
d)      Meningkatkan Kepercayaan Pasar.
e)      Menimbulkan Pertukaran Teknologi.

F.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan (± 15 Menit)
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1
Membuka pelajaran dan menginformasikan topik pembelajaran yang akan dibahas.
A.  Globalisasi Ekonomi
B.  Bentuk-Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional
C.  Dampak Kerja Sama Ekonomi Internasional


Memperhatikan penjelasan guru.



3 Menit
2
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Memberi perhatian penuh.
3 Menit
3
Memberikan motivasi kepada siswa
Memperhatikan penjelasan guru
3 Menit
4
Membagikan LKS (jika ada)
Menerima LKS (jika ada)
3 Menit

2.      Inti (± 95 Menit)
Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Karakteristik
Alokasi Waktu



Langkah I:
Memahami Masalah Kontekstual
Memberi kesempatan pada siswa untuk membaca dan memahami masalah-masalah dalam LKS
Membaca dan memahami masalah-masalah dalam LKS


Menggunakan konteks “dunia nyata” dan menggunakan interaktif


20 Menit
Memberi kesempatan kepada siswa yang belum memahami masalah pada LKS untuk bertanya lalu menjawab pertanyaan siswa dengan memberi penjelasan seperlunya.
Bertanya pada guru jika belum paham dengan masalah pada LKS dan mendengarkan penjelasan guru.



5 Menit







Langkah II:
Menyelesaikan masalah kontesktual
Mengarahkan sisiwa untuk mulai menyelesaikan masalah pada LKS secara individu dengan menggunakan cara atau metode sendiri.
Siswa segera mendeskripsikan masalah dalam LKS, melakukan interpretasi aspek matematika yang ada pada masalah yang dimaksud dan memikirkan strategi pemecahannya.




Menggunakan model, menggunakan produksi dan kontruksi, menggunakan keterkaitan.





25 Menit



Selama siswa menyelesaikan masalah yang diberikan guru berkeliling dalam kelas untuk memantau aktivitas siswa /kelompok dalam menyelesaikan masalah yang ada dalam LKS.
Sisiwa bekerja menyelesaikan masalah pada LKS dengan caranya sendiri berdasarkan pengetahuan awal yang dimilikinya.



5 Menit








Langkah III:
Membandingkan dan mendiskusikan jawaban
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berbagi ide penyelesaian dengan membandingkan dan mendiskusikan jawabannya dengan teman dalam kelompoknya dan membiarkan siswa untuk mnjawab jawaban yang paling mudah dipahami oleh mereka.
Membandingkan dan berdiskusi dengan teman kelompoknya dan memilih jawaban yang dianggap paling mudah dipahami oleh kelompoknya.








Menggunakan interaktif, menggunakan model.





20 Menit
Guru memandu jalannya diskusi dan menunjuk salah satu kelompok dan wakilnya untuk mempersentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
Mendorong siswa dari kelompok lain untuk mencermati dan memberikan tanggapan terhadap jawaban yang dipersentasikan.

Penyelesaian masalah yang diperoleh. Siswa yang lain mengikuti jalannya diskusi dengan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok penyaji.





10 Menit

Langkah IV:
menyimpulkan
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menarik kesimpulan dari diskusi kelas.
Menarik kesimpulan dari diskusi kelas yang berkaitan dengan materi pokok yang sedang dibahas.

Menggunakan interaktif


10 Menit

3.      Penutup (± 10 Menit)
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1
Menegaskan kembali inti dari materi pembelajaran dengan meminta siswa menyatakan kembali tentang pengertian Globalisasi Ekonomi,
Bentuk-Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional, dan
Dampak Kerja Sama Ekonomi Internasional.

Menyatakan kesimpulan yang telah dipelajari




10 Menit
2

Guru mengadakan evaluasi soal latihan 3
Menyelesaikan soal yang diberikan
3

Memberikan pekerjaan rumah (PR) pada siswa yaitu soal latihan mandiri.
Mencatat tugas

G.    ALAT/MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
1)      Sumber belajar
Ø  Buku paket SMA kelas  XI
Ø  IPS terpadu SMA kelas XI oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Jakarta.
2)      Alat/media ajar            : pulpen, kertas.
3)      LKS (jika ada)
4)      Lembar penilaian

H.    PENILAIAN HASIL BELAJAR
1)      Teknik penilaian   : pengamatan, teks tertulis.
2)      Prosedur penilaian:
No
Aspek Yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap:
a.    Konsisten dan teliti dalam mempelajari Kerja Sama Ekonomi Internasional
b.   Bertanggung jawab dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah yang diberikan dalam pembelajaran Kerja Sama Ekonomi Internasional.
c.    Berani mengemukakan pendapat dalam kelompok maupun kelas.
d.   Memiliki sikap terbuka atau menghargai pendapat teman terhadap penyelesaian masalah Kerja Sama Ekonomi Internasional.






pengamatan



Selama pembelajaran dan saat diskusi.
2
Pengetahuan.
Menyebutkan tentang pengertian Globalisasi Ekonomi, Bentuk-Bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional,dan Dampak Kerjasama Ekonomi Internasional

Pengamatan
Penyelesaian tugas individu dan kelompok.
3
Keterampilan
Terampil dalam mengemukakan konsep/prinsip Kerja Sama Ekonomi Internasional dalam menyelesaikan masalah.

pengamatan
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi.

I.       INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR
Tes tertulis (soal latihan)






                    Mengetahui:




        Guru Mata Pelajaran                                                        Kepala Sekolah
                                                                                                SMA NEGERI……………..                                                     
            SEPTIAN SUHARDIANSYAH
N I M: A1A1 13 076                                                                  NIP:             

0 comments:

Post a Comment