PERANGKAT
PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI………..
Kelas/Semester : XI/1
Mata
Pelajaran : IPS Terpadu
Materi
Pokok : Kerja Sama Ekonomi Internasional
Waktu : 2 X 40 Menit
|
A. KOMPETENSI
INTI SMA KELAS XI:
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
toleransi), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam rana kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan rana absrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1.1
Menghargai
dan menghayati ajaran agama
yang
dianutnya.
|
1.1.1
bersyukur
kepada allah SWT atas
anugerah terhadap sikap saling
menghargai terhadap perbedaan yang ada.
|
2.1 menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisiten
dan teliti, bertanggung jawab, responsip, dan tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah.
2.3
memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman
dalam interaksi kelompok maupun aktifitas sehari-hari.
|
2.1.1 bertanggung jawab dan tidak mudah menyerah
dalam menyelesaikan masalah yang diberikan dalam pembelajaran Kerja Sama
Ekonomi Internasional.
2.2.2 berani mengungkapkan pendapat.
2.3.3 memiliki sikap terbuka
akan menghargai pendapat teman
terhadap penyelesaian masalah Kerja Sama Ekonomi Internasional.
|
3.1 menerapkan konsep-konsep Kerja Sama Ekonomi
Internasional dalam menyelesaikan masalah.
|
3.1.1 menjelaskan pokok-pokok
tertentu dalam Kerja Sama Ekonomi Internasional.
|
4.1 mecoba, mengolah, menyaji dalam rana kongkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana
abstarak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
4.1.1 trampil dalam mengemukakan konsep/prinsip Kerja
Sama Ekonomi Internasional untuk menyelesaikan masalah.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan diskusi dan pembelajaran
kelompok pada materi pokok fungsi kuadrat siswa dapat:
1.1.1.1
bersyukur
kepada allah SWT atas anugerah terhadap sikap saling menghargai terhadap
perbedaan yang ada dalam melakukan pembelajaran Kerja Sama Ekonomi
Internasional.
2.1.1.1
Konsisten
dan teliti dalam melakukan pembelajaran Kerja Sama Ekonomi Internasional.
2.1.2.1
Bertanggung
jawab dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan maslah yang diberikan dalam
pembelajaran Kerja Sama Ekonomi
Internasional.
2.3.1.1
Berani
mengemukakan pendapat dalam kelompok maupun kelas.
2.3.2.1
Memiliki
sikap terbuka atau menghargai pendapat teman terhadap penyelesaian masalah
Kerja Sama Ekonomi Internasional.
3.1.1.1
Menjelaskan
cara penyelesaian Kerja Sama Ekonomi Internasional.
4.1.1.1
Terampil
dalam mengemukakan konsep atau prinsip Kerja Sama Ekonomi Internasional untuk
menyelesaikan masalah.
D. MODEL
ATAU METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : PMR
2.
Metode
pembelajaran : Ceramah, Diskusi,
dan Tanya Jawab
E. MATERI
YANG DI AJARKAN
KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL
A.
Globalisasi
Ekonomi
Globalisasi
ekonomi merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana
Negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang terintegrasi
tanpa rintangan batas teritorial Negara. Perwujudan nyata dari globalisasi
ekonomi antara lain terjadi dalam bentuk-bentuk berikut:
a)
Globalisasi
Produksi
b)
Globalisasi
Pembiayaan
c)
Globalisasi
Tenaga Kerja
d)
Globalisasi
Jaringan Informasi
e)
Globalisasi
Perdagangan
B.
Bentuk-Bentuk
Kerja Sama Ekonomi Internasional
a)
Kerja
Sama Bilateral
b)
Kerja
Sama Regional
C.
Dampak
Kerja Sama Ekonomi Internasional
a)
Mempercepat
Masuknya Arus Investasi.
b)
Memperkuat
Stabilitas Ekonomi Domestik.
c)
Menimbulkan
Trade Diversion (Penyebaran Perdagangan).
d)
Meningkatkan
Kepercayaan Pasar.
e)
Menimbulkan
Pertukaran Teknologi.
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan
(± 15 Menit)
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Membuka
pelajaran dan menginformasikan topik pembelajaran yang akan dibahas.
A.
Globalisasi
Ekonomi
B.
Bentuk-Bentuk
Kerja Sama Ekonomi Internasional
C.
Dampak
Kerja Sama Ekonomi Internasional
|
Memperhatikan
penjelasan guru.
|
3
Menit
|
2
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
Memberi
perhatian penuh.
|
3
Menit
|
3
|
Memberikan
motivasi kepada siswa
|
Memperhatikan
penjelasan guru
|
3
Menit
|
4
|
Membagikan
LKS (jika ada)
|
Menerima
LKS (jika ada)
|
3
Menit
|
2.
Inti
(± 95 Menit)
Langkah-Langkah
Kegiatan
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Karakteristik
|
Alokasi
Waktu
|
Langkah
I:
Memahami
Masalah Kontekstual
|
Memberi
kesempatan pada siswa untuk membaca dan memahami masalah-masalah dalam LKS
|
Membaca
dan memahami masalah-masalah dalam LKS
|
Menggunakan konteks
“dunia nyata” dan menggunakan interaktif
|
20 Menit
|
Memberi
kesempatan kepada siswa yang belum memahami masalah pada LKS untuk bertanya
lalu menjawab pertanyaan siswa dengan memberi penjelasan seperlunya.
|
Bertanya
pada guru jika belum paham dengan masalah pada LKS dan mendengarkan
penjelasan guru.
|
5 Menit
|
||
Langkah
II:
Menyelesaikan
masalah kontesktual
|
Mengarahkan
sisiwa untuk mulai menyelesaikan masalah pada LKS secara individu dengan
menggunakan cara atau metode sendiri.
|
Siswa
segera mendeskripsikan masalah dalam LKS, melakukan interpretasi aspek
matematika yang ada pada masalah yang dimaksud dan memikirkan strategi
pemecahannya.
|
Menggunakan model,
menggunakan produksi dan kontruksi, menggunakan keterkaitan.
|
25 Menit
|
Selama
siswa menyelesaikan masalah yang diberikan guru berkeliling dalam kelas untuk
memantau aktivitas siswa /kelompok dalam menyelesaikan masalah yang ada dalam
LKS.
|
Sisiwa
bekerja menyelesaikan masalah pada LKS dengan caranya sendiri berdasarkan
pengetahuan awal yang dimilikinya.
|
5 Menit
|
||
Langkah
III:
Membandingkan
dan mendiskusikan jawaban
|
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk berbagi ide penyelesaian dengan
membandingkan dan mendiskusikan jawabannya dengan teman dalam kelompoknya dan
membiarkan siswa untuk mnjawab jawaban yang paling mudah dipahami oleh
mereka.
|
Membandingkan
dan berdiskusi dengan teman kelompoknya dan memilih jawaban yang dianggap
paling mudah dipahami oleh kelompoknya.
|
Menggunakan
interaktif, menggunakan model.
|
20 Menit
|
Guru
memandu jalannya diskusi dan menunjuk salah satu kelompok dan wakilnya untuk
mempersentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
Mendorong
siswa dari kelompok lain untuk mencermati dan memberikan tanggapan terhadap
jawaban yang dipersentasikan.
|
Penyelesaian
masalah yang diperoleh. Siswa yang lain mengikuti jalannya diskusi dengan
memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok penyaji.
|
10 Menit
|
||
Langkah
IV:
menyimpulkan
|
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menarik kesimpulan dari diskusi kelas.
|
Menarik
kesimpulan dari diskusi kelas yang berkaitan dengan materi pokok yang sedang
dibahas.
|
Menggunakan
interaktif
|
10 Menit
|
3.
Penutup
(± 10 Menit)
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Menegaskan
kembali inti dari materi pembelajaran dengan meminta siswa menyatakan kembali
tentang pengertian Globalisasi Ekonomi,
Bentuk-Bentuk
Kerja Sama Ekonomi Internasional, dan
Dampak
Kerja Sama Ekonomi Internasional.
|
Menyatakan
kesimpulan yang telah dipelajari
|
10 Menit
|
2
|
Guru
mengadakan evaluasi soal latihan 3
|
Menyelesaikan
soal yang diberikan
|
|
3
|
Memberikan
pekerjaan rumah (PR) pada siswa yaitu soal latihan mandiri.
|
Mencatat
tugas
|
G. ALAT/MEDIA/SUMBER
PEMBELAJARAN
1)
Sumber
belajar
Ø Buku paket SMA
kelas XI
Ø IPS terpadu SMA kelas
XI oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013.
Jakarta.
2)
Alat/media
ajar : pulpen, kertas.
3)
LKS
(jika ada)
4)
Lembar
penilaian
H. PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1)
Teknik
penilaian : pengamatan, teks tertulis.
2)
Prosedur
penilaian:
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap:
a.
Konsisten
dan teliti dalam mempelajari Kerja Sama Ekonomi Internasional
b.
Bertanggung
jawab dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah yang diberikan
dalam pembelajaran Kerja Sama Ekonomi Internasional.
c.
Berani
mengemukakan pendapat dalam kelompok maupun kelas.
d.
Memiliki
sikap terbuka atau menghargai pendapat teman terhadap penyelesaian masalah Kerja
Sama Ekonomi Internasional.
|
pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi.
|
2
|
Pengetahuan.
Menyebutkan
tentang pengertian Globalisasi Ekonomi, Bentuk-Bentuk Kerjasama Ekonomi
Internasional,dan Dampak Kerjasama Ekonomi Internasional
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok.
|
3
|
Keterampilan
Terampil dalam mengemukakan konsep/prinsip Kerja Sama
Ekonomi Internasional dalam menyelesaikan masalah.
|
pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok)
dan saat diskusi.
|
I. INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Tes
tertulis (soal latihan)
Mengetahui:
Guru Mata Pelajaran Kepala
Sekolah
SMA
NEGERI……………..
SEPTIAN SUHARDIANSYAH
N I M: A1A1
13 076 NIP:
0 comments:
Post a Comment